Home / Kesehatan

Rabu, 22 Maret 2023 - 08:24 WIB

Obat Alami Vertigo

Ilustrasi. (Int)

Ilustrasi. (Int)

Sakhia – darimedia.id

Vertigo termasuk salah satu gangguan kesehatan yang dapat membuat penderitanya merasa pusing dan melayang-layang.

Gangguan ini biasanya disebabkan gangguan pada keseimbangan telinga dalam, yang dapat mempengaruhi keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Vertigo dapat disebabkan pelbagai faktor, termasuk infeksi telinga, perubahan tekanan udara, konsumsi obat-obatan tertentu, dan cedera kepala.

Meskipun vertigo dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, namun terdapat beberapa pengobatan alami yang dapat membantu mengurangi gejala vertigo.

Berikut ini beberapa pengobatan alami yang aman dan efektif untuk mengobati vertigo:

Terapi Vestibular.

Terapi vestibular adalah pengobatan yang fokus pada latihan-latihan khusus yang dirancang untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Terapi ini dapat membantu mengurangi gejala vertigo, seperti pusing dan mual. Terapi vestibular biasanya dilakukan oleh fisioterapis yang terlatih dalam pengobatan vertigo.

Menghindari Triger Vertigo.

Beberapa penderita vertigo mengalami gejala setelah terpapar beberapa faktor tertentu seperti pencahayaan yang terang, bau yang kuat, atau gerakan cepat yang tiba-tiba. Maka sebisa mungkin hindari faktor-faktor tersebut.

Baca juga  Cina Hentikan Rilis Harian Covid

Olahraga Teratur.

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan memperkuat otot-otot yang berperan dalam keseimbangan. Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda atau yoga dapat membantu mengurangi gejala vertigo.

Pijat.

Pijat adalah pengobatan alternatif yang dapat membantu mengurangi gejala vertigo. Pijat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan otot-otot yang tegang, sehingga dapat membantu mengurangi rasa pusing dan mual.

Menurut data dari World Health Organization (WHO), vertigo termasuk salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di seluruh dunia. Di Amerika Serikat saja, sekitar 69 juta orang mengalami vertigo setiap tahunnya.

Maka dari itu, pengobatan alami yang aman dan efektif dapat menjadi alternatif pengobatan yang baik untuk mengurangi gejala vertigo.

Namun jika gejala vertigo terus berlanjut atau semakin parah, disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Baca juga  52 Siswa SMP Sayat Tangan Sendiri

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan penderita vertigo. Seperti menghindari penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat memperburuk gejala vertigo, menghindari konsumsi alkohol dan kafein, serta menghindari gerakan-gerakan yang tiba-tiba atau cepat.

Pengobatan alami untuk vertigo dapat menjadi alternatif yang aman dan efektif, namun tidak semua penderita vertigo merespons dengan baik terhadap pengobatan alami ini.

Beberapa kasus vertigo yang lebih parah mungkin membutuhkan pengobatan medis yang lebih intensif, seperti obat-obatan atau tindakan bedah.

Oleh karena itu, sebelum mencoba pengobatan alami, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli terkait untuk memastikan apakah pengobatan alami tersebut aman dan cocok untuk kondisi Anda.

Pengobatan alami yang aman dan efektif dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengurangi gejala vertigo.

Patut diingat, penting bagi penderita vertigo untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sehat seperti menjaga pola makan yang sehat dan teratur, tidur yang cukup, serta menghindari stres dan kecemasan yang berlebihan.

Hal ini dapat membantu mengurangi gejala vertigo serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Cina Hentikan Rilis Harian Covid

Kesehatan

Musim Hujan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kesehatan

Rahasia Menjaga Tubuh Sehat

Kesehatan

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk

Kesehatan

21 Penyakit Ini Tak Ditanggung BPJS

Kesehatan

Mengenal Sistem Imun

Kesehatan

Obat Alami Asam Urat

Kesehatan

Rahasia Perbaiki Kesehatan Mental