Home / Kesehatan

Senin, 6 Maret 2023 - 20:00 WIB

Obat Alami Asam Urat

Asam urat. (Freepik)

Asam urat. (Freepik)

Sakhia – darimedia.id

Asam urat menjadi penyakit yang cukup sering diderita masyarakat. Penyakit ini terjadi saat kadar asam urat dalam darah meningkat dan kristal asam urat menumpuk dalam persendian dan jaringan tubuh. Tapi, tahu kah kamu banyak cara mengobati asam urat secara alami?

Saat penyakit ini kambuh, biasanya penderita merasakan peradangan, sakit, dan kaku di persendian, terutama pada ibu jari kaki, lutut, pergelangan kaki, dan jari tangan.

Ada banyak faktor penyebab asam urat, antara lain, pola makan yang tinggi purin, obesitas, riwayat keluarga, penyakit ginjal, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Sejumlah faktor lain yang dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat lantaran usia. Biasanya sering terjadi pada pria berusia di atas 30 tahun, lebih sering terjadi pada pria, dan kondisi medis lain seperti hipertensi, diabetes, dan sindrom metabolik.

Baca juga  Konsumsi Pangan Indonesia Meningkat

Gejala penyakit asam urat meliputi sakit dan kaku di persendian, peradangan, kemerahan, dan panas pada persendian yang terkena, dan kadang-kadang disertai dengan demam.

Jika dibiarkan tanpa pengobatan, penyakit asam urat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada persendian dan memperburuk kualitas hidup seseorang. Berikut ini adalah tips mengtasai asam urat.

Berikut cara ampuh obati asam urat dengan alami:

  1. Hindari makanan yang mengandung purin

Mengobati asam urat bisa dilakukan dengan menghindari makanan yang mengandung purin. Makanan yang tinggi purin seperti daging merah, daging organ, kerang, ikan sarden, dan bir dapat memicu serangan asam urat. Hindari makanan tersebut dan ganti dengan makanan yang rendah purin seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih memiliki banya manfaat bagi tubuh. Salah satunya menjaga keseimbangan cairan tubuh, meningkatkan fungsi sistem pencernaan, hingga membantu diet. Minum air putih juga dapat membantu membuang asam urat dari tubuh dan mencegah penumpukan kristal asam urat di dalam sendi.

  1. Konsumsi cuka sari apel

Baca juga  Kucing Termahal di Dunia 2023

Cuka sari apel mengandung asam asetat dan senyawa lain yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mengonsumsi cuka sari apel telah terbukti efektif dalam membantu meredakan gejala asam urat. Campurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air dan minum setiap hari.

  1. Konsumsi buah ceri

Buah ceri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Konsumsi buah ceri atau jus ceri setiap hari dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan serangan asam urat.

  1. Olahraga teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, hindari olahraga yang menimbulkan tekanan pada sendi yang terkena asam urat.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Musim Hujan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kesehatan

Rahasia Perbaiki Kesehatan Mental

Kesehatan

Cina Hentikan Rilis Harian Covid

Kesehatan

Obat Alami Vertigo

Kesehatan

21 Penyakit Ini Tak Ditanggung BPJS

Kesehatan

Mengenal Sistem Imun

Kesehatan

Rahasia Menjaga Tubuh Sehat

Kesehatan

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk