Home / Kesehatan

Senin, 26 Desember 2022 - 11:47 WIB

Rahasia Perbaiki Kesehatan Mental

Ilustrasi. (Getty Image)

Ilustrasi. (Getty Image)

Puerto Andika – darimedia.id

Selama ini, tren resolusi tahun baru biasanya seputar penurunan berat badan atau tujuan karir dan capaian lain. Namun, survei Forbes Health pada generasi Z menunjukkan, kesehatan mental kini menjadi salah satu prioritas utama dalam membuat tahun baru.

Memperbaiki kesehatan mental menjadi salah satu resolusi tahun baru yang paling populer di kalangan millenial. Untuk mewujudkan resolusi itu, ada rahasia yang begitu sederhana, tapi bisa membantu.

Survei Forbes Health melibatkan 1.005 orang dewasa sebagai responden. Sekitar 50 persen responden berusia 18-25 tahun. Dari hasil survei, 45 persen seluruh orang dewasa yang menjadi responden menginginkan kesehatan mental yang lebih baik sebagai resolusi tahun baru.

“Tak mengejutkan untuk mengetahui ini,” papar Spa Manager dari Elan Spa di Mallory Court Hotel and Spa, Tara James, dikutip dari Wellbeing News. Ia tak terkejut lantaran kesehatan mental menjadi etos kerja yang besar di Mallory Court Hotel and Spa.

Baca juga  Obat Alami Vertigo

Berdasarkan pengalaman ini, James dan Chief Director Simon Haigh, membocorkan rahasia sederhana yang bisa membantu mereka memperbaiki kesehatan mental.

Aktif Gerak

James menilai salah satu kunci penting dalam memelihara kesehatan mental adalah dengan aktif bergerak. Selain menjaga kebugaran dan melancarkan peredaran darah, aktif bergerak dapat membantu meningkatkan suasana hati. Sejumlah studi menemukan, berjalan kaki setiap hari bisa meredakan gejala gangguan kejiwaan seperti kecemasan dan depresi.

Tidur Cukup

Kurang tidur bisa membuat seseorang menjadi lebih mudah marah dan kurang berenergi. Sebaliknya, tidur yang cukup di malam hari dapat memunculkan rasa segar dan berenergi saat bangun tidur.

Baca juga  Mengenal Sistem Imun

Me Time

Beragam aktivitas kerap membuat seseorang lupa memperhatikan diri sendiri. Karenanya, coba luangkan sedikit waktu bagi diri sendiri secara berkala demi meredakan beragam stres dan tekanan yang dirasakan.

Makan

Haigh mengungkapkan pola makan yang sehat dan seimbang dapat membuat seseorang merasa lebih baik mengenai diri mereka sendiri. Haigh merekomendasikan konsumsi protein dan lemak yang sehat serta kaya antioksidan seperti ikan, kacang-kacangan, dark chocolate, dan bluberi.

Komunikasi

Menjalin hubungan atau interaksi dengan orang lain juga penting dalam memelihara kesehatan mental. Sebagai makhluk sosial, James mengatakan manusia dapat merasakan suasana hati yang lebih baik hanya dengan berinteraksi dengan orang lain.

“Komunikasi itu penting,” ujar James.

Editor: Isnan

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk

Kesehatan

Obat Alami Asam Urat

Kesehatan

21 Penyakit Ini Tak Ditanggung BPJS

Kesehatan

Cina Hentikan Rilis Harian Covid

Kesehatan

Obat Alami Vertigo

Kesehatan

Mengenal Sistem Imun

Kesehatan

Rahasia Menjaga Tubuh Sehat

Kesehatan

Musim Hujan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh