Home / Regional

Rabu, 28 Desember 2022 - 12:00 WIB

Kaltim Kekurangan Polisi Hutan

Hutan Kalimantan Timur. (Mongabay)

Hutan Kalimantan Timur. (Mongabay)

Hidayat Taulan – darimedia.ID

Luas hutan di Kaltim mencapai 6,5 juta hektare, tapi jumlah polisi hutan hanya sebanyak 55 orang. Kondisi ini masih jauh dari ideal. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur Joko Istanto.

Ia mengungkap, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur masih minim personel polisi hutan. Padahal polhut ini bertugas melakukan penanganan permasalahan tindak kejahatan di bidang kehutanan.

Saat ini, menurut Joko Istanto, jumlah personel polhut di Kaltim hanya 55 orang, sedangkan luas wilayah hutan Kaltim kurang lebih 6,5 juta hektare.

“Idealnya satu polisi hutan mengawasi lima ribu hektare, tapi saat ini petugas keamanan hutan kita jumlahnya masih dibawah 100 orang,” beber Joko Istanto.

Baca juga  Tiga Isu Besar di Balikpapan

Ia menegaskan dalam penanganan tindak kejahatan di bidang kehutanan Kaltim yang begitu luas, tentu diperlukan personel Polhut yang cukup banyak. Sehingga tindak kejahatan kehutanan selalu bisa dicegah atau ditindak tegas.

“Tapi meski dengan keterbatasan personil yang dimiliki, kita tetap berbakti untuk negeri demi rimba lestari,” ujar Joko.

Untuk menanggulangi kekurangan jumlah Polhut, pihaknya telah membentuk masyarakat mitra Polhut dan masyarakat peduli api guna membantu tugas-tugas Polhut di tingkat tapak.

“Kami melibatkan masyarakat sekitar kawasan hutan untuk menjaga kelestarian hutan, termasuk menggandeng stakeholders, berkolaborasi dengan Kementerian LHK guna bersama untuk operasional dan kegiatan-kegiatan teknis lainnya,” ujarnya.

Baca juga  Golkar Anggap Capres Dinamis

Ia bilang, jumlah Polhut ada 55 orang tersebar di 20 UPTD, 1 di Tahura, 17 KPHP (Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi), 2 KPHL (Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung) di kabupaten dan kota se Kaltim.

“Untuk menambah jumlah personil, kita telah mengajukan kepada Bapak Gubernur melalui BKD, termasuk berupaya meminta kuota ke pemerintah pusat untuk penambahan jumlah aparatur sipil negara untuk Polhut di Kaltim,” jelasnya.

Dalam momentum peringatan HUT ke-56, Joko Istanto mengharapkan seluruh Polhut Kaltim untuk terus berbakti sesuai tugas dan fungsinya, dan mengemban tugas menjaga hutan di wilayah Kaltim sebagai bagian dari NKRI.

Editor: Widy

Share :

Baca Juga

Pangan

Bulog Samarinda Gelar Pasar Murah

Regional

Tahun Depan 17 Ribu PNS Dipindah ke IKN

Regional

Jatah Air di Balikpapan Digilir

Crimestory

Technician Education Can Fuel Financial Success

Regional

Investasi ke Kaltim Rp 41,2 Triliun

Kesehatan

Pay Attention to the Warning Signs of Depression, Suicide Risk

Crimestory

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Regional

Kaltim Kucurkan Miliaran untuk Korban Cianjur