Home / Pangan / Regional

Kamis, 16 Maret 2023 - 17:16 WIB

Bulog Samarinda Gelar Pasar Murah

Hidayat Taulan – darimedia.id

Perum Bulog Kantor Cabang Samarinda menggelar pasar murah di Kota Samarinda, Bontang, dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sejak beberapa hari lalu hingga 18 April 2023 untuk menekan inflasi jelang Ramadhan.

“Bulan lalu harga berbagai bahan pangan strategis mengalami kenaikan, misalnya beras yang biasanya Rp55-60 ribu per 5 kg, naik di kisaran Rp75 ribu per 5 kg, makanya kami menggelar pasar murah,” ujar Kepala Bulog Kantor Cabang Samarinda Maradona Singal di Samarinda, Kamis.

Dalam pasar murah yang digelar hingga 18 April mendatang, pihaknya menyiapkan sebanyak 2 ton beras premium per lokasi per hari, tepung terigu 500 kg per lokasi per hari, dan minyak goreng 500 liter per lokasi per hari.

Selain itu, dari dinas terkait yang menggandeng distributor dan pelaku UMKM juga menyiapkan berbagai bahan pangan pokok seperti telur ayam, dan aneka sayuran, sehingga ia berharap melalui giat ini dapat mempermudah akses masyarakat mendapatkan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau.

Baca juga  Kaltim Kucurkan Miliaran untuk Korban Cianjur

Dalam aksi pasar murah untuk menekan inflasi ini, Bulog Samarinda melakukan kerja sama dengan pihak terkait baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, misalnya dengan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortiluktura (DPTPH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kemudian dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Samarinda, DKP Bontang, dan dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sehingga masing-masing dinas juga bekerja sama dengan pihak lain untuk mendatangkan bahan pangan murah selain yang didatangkan oleh Bulog.

Adapun jadwal Pasar Murah tersebut adalah pada Selasa, 14 Maret lalu yang digelar pada tiga lokasi sekaligus, yakni di halaman Kantor Gubernur Kaltim kerja sama dengan DPTPH Kaltim, di Kelurahan Air Putih yang kerja sama dengan DKP Samarinda, dan di Kantor Bupati Kukar yang kerja sama dengan Dinas Perdagangan Kukar.

Baca juga  How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Tanggal 15 Maret di Kantor Bupati Kukar dan Kantor Gubernur Kaltim, 16 Maret Kantor Gubernur Kaltim dan Bentuas Samarinda, 18 Maret di Rawa Makmur Samarinda, 20 Maret di Loa Janan Ilir Samarinda, 27 Maret di Sungai Keledang Samarinda, 28 Maret di Samarinda Seberang, 29 Maret di Loa Bakung Samarinda, 30 Maret di Makroman Kukar.

Tanggal 3 April di Anggana Kukar dan Bontang, 4 April di Loa Janan dan Bontang, 5 April di Sambutan dan Bontang, 6 April di Loa Janan Ulu dan Samarinda Ulu, 10 April di Loa Kulu, 11 April di Loa Duri dan Samarinda Seberang.

“Tanggal 12 April di SMA Melati Samarinda, 13 April di halaman Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kaltim, Jalan Basuki Rahmad Samarinda serta di Samarinda Utara, kemudian 18 April di Kecamatan Samarinda Ilir,” ujar Maradona. (Antara)

Share :

Baca Juga

Pangan

Badan Pangan Dorong Serapan Beras Bulog

Pangan

Harga Beras Menggila

Pangan

Ada Bansos Pangan Jelang Ramadhan

Regional

Otorita IKN Minta Saran Isran

Pangan

Jokowi Izinkan Impor Daging Sapi

Pangan

Kata Mentan Maret Panen Raya

Pangan

Tempat Kuliner Balikpapan Terbaru 2023

Regional

Kaltim Beri Penghargaan 23 Tokoh