Home / Pangan

Rabu, 22 Maret 2023 - 08:12 WIB

Konsumsi Pangan Indonesia Meningkat

Ilustrasi. (Shutterstock)

Ilustrasi. (Shutterstock)

Sakhia – darimedia.id

Menurut data terbaru yang dirilis Badan Pusat Statistik atau BPS, tahun 2023, konsumsi pangan di Indonesia mengalami peningkatan signifikan.

Hal ini disebabkan kebutuhan masyarakat yang lebih besar untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam laporan tersebut, BPS mencatat bahwa konsumsi daging dan telur meningkat dari tahun sebelumnya.

Konsumsi daging meningkat sebesar 2,6% dari 8,64 juta ton pada tahun 2022 menjadi 8,86 juta ton pada tahun 2023. Begitu pula konsumsi telur meningkat sebesar 3,2% dari 16,04 juta ton pada tahun 2022 menjadi 16,55 juta ton pada tahun 2023.

Selain itu, BPS juga mencatat bahwa konsumsi beras, jagung, dan kedelai masih menjadi konsumsi pangan utama di Indonesia.

Konsumsi beras pada tahun 2023 mencapai 32,47 juta ton, naik dari 31,94 juta ton pada tahun 2022. Sementara itu, konsumsi jagung mencapai 11,35 juta ton dan konsumsi kedelai mencapai 3,15 juta ton pada tahun 2023.

Baca juga  BRIN Kembangkan Teknologi Berbasis Bakteri

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa pemerintah terus mendorong peningkatan produksi pangan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan teknis, pengadaan bibit unggul, dan meningkatkan infrastruktur pertanian di seluruh Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk terus memperkuat produksi pangan dalam negeri agar masyarakat Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan mudah dan harga terjangkau,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Meskipun konsumsi pangan meningkat, tetapi masih ada beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat terus berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan memberikan bantuan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Peningkatan konsumsi pangan di Indonesia ini menunjukkan betapa pentingnya ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas bagi kesehatan dan keberlangsungan hidup masyarakat.

Baca juga  Jokowi Izinkan Impor Daging Sapi

Pemerintah Indonesia perlu terus berupaya meningkatkan produksi pangan dalam negeri dan mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang ada.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan aspek kesehatan dalam konsumsi pangan. Masyarakat perlu disadarkan akan pentingnya mengonsumsi pangan yang sehat dan aman, serta menghindari makanan yang tidak sehat dan berpotensi menyebabkan penyakit.

Untuk mendorong konsumsi pangan sehat, pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai program, seperti Program Pangan Harapan dan Gerakan Makan Ikan.

Selain itu, pemerintah juga terus memperketat pengawasan terhadap pangan yang beredar di pasaran, untuk memastikan bahwa pangan yang dikonsumsi masyarakat aman dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Dengan upaya yang terus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, diharapkan bahwa konsumsi pangan di Indonesia akan terus meningkat, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Sumber: BPS

Share :

Baca Juga

Pangan

Kenaikan Harga Beras Menggila

Pangan

Harga Beras di Ratusan Daerah Naik

Pangan

Jokowi Izinkan Impor Daging Sapi

Pangan

Ada Bansos Pangan Jelang Ramadhan

Pangan

Kemendag Stabilkan Harga Pangan 2023

Pangan

Tempat Kuliner Balikpapan Terbaru 2023

Pangan

Kata Mentan Maret Panen Raya

Pangan

Beras Naik Rice Cooker Dibagikan