Home / Pangan

Kamis, 23 Februari 2023 - 14:00 WIB

Harga Beras di Ratusan Daerah Naik

Hidayat Taulan – darimedia.id

Badan Pusat Statistik RI, mencatat 147 kabupaten/kota di Indonesia mengalami kenaikan harga beras pada minggu ketiga Februari 2023.

“Sepuluh kabupaten/kota dengan potensi kenaikan harga beras tertinggi antara lain Ende (NTT), Sumba Tengah (NTT), Probolinggo (Jatim), Malinau (Kaltara), Lombok Timur (NTB),” jelas M Habibullah Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI.

Rapat koordinasi pengendalian inflasi digelar secara rutin setiap Senin dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian diikuti sejumlah kementerian/lembaga dan kepala daerah secara virtual se-Indonesia.

Melengkapi 10 besar daerah yang mengalami kenaikan harga beras pada pekan ketiga Februari ini adalah Garut (Jabar), Barito Timur (Kalteng), Bantaeng (Sulsel), Lombok Tengah (NTB), dan Tapin (Kalsel).

Baca juga  Ada Bansos Pangan Jelang Ramadhan

M Habibullah juga menyampaikan bahwa komoditas bawang merah berpotensi naik di 125 kabupaten/kota, minyak goreng di 118 kabupaten/kota, dan cabai merah di 96 kabupaten/kota.

Secara rata-rata nasional, harga cabai merah di akhir pekan ketiga Februari sebesar Rp 40.271. Kemudian cabai rawit Rp 54.831, bawang merah Rp 36.385, dan minyak goreng Rp 17.055.

Cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan minyak goreng merupakan komoditas yang fluktuasi harganya cukup signifikan dalam minggu ketiga Februari 2023 di berbagai pasar di Indonesia.

Sebelumnya, Pemerintah terus memperkuat kebijakan dan upaya pengendalian inflasi, terutama menjelang periode Ramadan dan Hari Besar Keagamaan Nasional Idulfitri pada April mendatang.

Baca juga  52 Siswa SMP Sayat Tangan Sendiri

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP), Senin (20/2/2023).

Airlangga mengatakan, beberapa upaya yang dilakukan pemerintah yaitu mendorong penguatan ketahanan pangan, akselerasi implementasi lumbung pangan, dan perluasan kerja sama antar daerah.

“Dan mendorong ketersediaan data pangan untuk mendukung pengendalian inflasi dan memperkuat komunikasi, juga untuk mendukung ekspektasi masyarakat,” ujar Airlangga.

Ia mengatakan, pemerintah optimistis tingkat inflasi domestik pada tahun ini akan terjaga dalam kisaran 2 hingga 4 persen, dengan inflasi pangan yang terkendali pada kisaran 3 hingga 5 persen.

Share :

Baca Juga

Pangan

Harga Beras Menggila

Pangan

Tempat Kuliner Balikpapan Terbaru 2023

Pangan

Kata Mentan Maret Panen Raya

Pangan

Kenaikan Harga Beras Menggila

Pangan

Konsumsi Pangan Indonesia Meningkat

Pangan

Kemendag Stabilkan Harga Pangan 2023

Pangan

Beras Naik Rice Cooker Dibagikan

Pangan

Ada Bansos Pangan Jelang Ramadhan