Home / Pangan

Senin, 13 Maret 2023 - 13:14 WIB

Ada Bansos Pangan Jelang Ramadhan

Ilustrasi. (Palpras)

Ilustrasi. (Palpras)

Anto Beni – darimedia.id

Jelang Ramadhan, Pemerintah akan mencairkan bansos pangan. Bansos itu diberikan untuk tiga bulan mulai Maret, April, dan Mei 2023. Bansos pangan rencananya berisi beras, telur, daging ayam.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata mengatakan, penyaluran bansos pangan bisa segera dilaksanakan bulan ini. Sebab beras yang akan diberikan sudah tersedia di Perum Bulog.

Menurutnya, daftar penerima bansos ada di Kementerian Sosial, sehingga Kemenkeu dan Kemensos masih terus mendiskusikan mekanisme penyaluran bansos pangan menjelang Ramadhan.

Baca juga  Konsumsi Pangan Indonesia Meningkat

Jika menggunakan data bansos tahun lalu, jumlah penerimanya sebanyak 20,65 juta. Namun data itu masih diperbaharui sehingga Kemenkeu akan memastikan data penerima terlebih dahulu.

“Selain data penerima, Kemenkeu juga memastikan besaran harga beras yang menjadi patokan terlebih dahulu,” ujarnya.

Meski begitu, alokasi anggaran biasanya tidak menjadi hambatan penyaluran beras bansos lantaran Bulog cenderung menyalurkan terlebih dahulu beras untuk bansos. Setelah itu barulah kemudian mengklaim anggarannya.

Baca juga  Kemendag Stabilkan Harga Pangan 2023

“Jadi beras sudah ada di Bulog kalau mau menyalurkan bisa, tinggal bagaimana mekanisme klaim kepada pemerintah,” tuturnya.

Isa berujar, nantinya alokasi anggaran untuk bansos pangan berasal dari anggaran Bendahara Umum Negara. “Tetapi pelaksanaannya masih kami diskusikan. Karena kalau rapat kelihatannya penyaluran langsung dilakukan dari Bulog, tidak melalui Kemensos,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Pangan

Waspadai Dampak Kekeringan

Pangan

Badan Pangan Dorong Serapan Beras Bulog

Pangan

Harga Beras di Ratusan Daerah Naik

Pangan

Kata Mentan Maret Panen Raya

Pangan

Petani Muda Kaltim Butuh Dukungan

Pangan

Bulog Samarinda Gelar Pasar Murah

Pangan

Harga Beras Menggila

Pangan

Kenaikan Harga Beras Menggila