Home / Ibu Kota Nusantara

Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:54 WIB

Kepala Otorita Pimpin Upacara Perdana

KLIK BALIKPAPAN – Peringatan HUT ke-77 RI, dilakukan agak berbeda kali ini. Dalam sejarahnya, di titik nol Ibu Kota Negara dilakukan upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk pertama kalinya.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono didapuk memimpin upacara itu, pada Rabu 17 Agustus 2022. Upacara dihelat di plaza titik nol IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Di kesempatan ini yang bertindak sebagai Komandan Upacara, Plh. Komandan Komando Rayon Militer 0913-04 Kecamatan Sepaku Kapten Infanteri Andi Supratikto. Untuk Perwira Upacara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara Budi Santoso.

Peringatan ini, juga dihadiri para pekerja teknis lapangan menggunakan APD lengkap beserta formasi alat berat yang digunakan untuk pembangunan IKN. Ini menjadi simbol dari pelbagai unsur sebagai bentuk semangat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga  IKN Harus Sesuai Rencana

“Alhamdulillah hari ini kita sudah melaksanakan apel pekerja. Saya sudah lapor ke Bapak Presiden kita akan mengadakan apel pekerja di sini, bersama pekerja,” ujar Bambang, usai memimpin upacara.

Bambang bilang, tujuan apel pekerja ini dengan memanfaatkan momentum melecut semangat di peringatan Hari Kemerdekaan, dengan membulatkan tekad dan semangat membangun IKN.

Menurutnya apel pekerja ini sebagai rangkaian Peringatan HUT ke-77 RI, yang telah dimulai sejak Senin (15/8/2022) dengan menghelat Seminar Tata Kelola Pemerintahan yang Baik bersama KPK dan Kejaksaan Tinggi Kaltim. Selanjutnya, disusul peresmian Data Center Sepaku dan Digital Community Center di Desa Bukit Raya, yang dihelat esok pagi, Kamis (18/8/2022).

Baca juga  IMM Balikpapan Dukung IKN

“Kami ingin menyiapkan warga lokal. Kami ingin agar semua di sini siap dengan fitur-fitur digital yang akan kita aplikasikan dalam smart city,” ujar Bambang.

Nantinya, lanjut Bambang, akan digelar pula talk show bersama generasi muda dari 100 kampus di dalam dan luar negeri. Melalui agenda bertajuk: Bincang Asik di Titik Nol, mereka akan berdiskusi seputar pembangunan IKN.

Bambang mengingatkan, ke depan generasi muda yang akan memiliki IKN. “Tahun 2045 saat selesai dibangun, IKN diharapkan menjadi motor pembangunan ekonomi Indonesia,” ujar Bambang.

I Pewarta: Robby I Editor: Muchlis

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

Ormas Balikpapan Dukung IKN

Ibu Kota Nusantara

Pelantikan Kepala Otorita Disegerakan

Ibu Kota Nusantara

Tol Penghubung IKN Dilelang

Ibu Kota Nusantara

Pembangunan Konstruksi Mundur Sebulan

Ibu Kota Nusantara

Sewa Mobil IKN Meningkat

Ibu Kota Nusantara

Bangunan Karbon Rendah IKN

Ibu Kota Nusantara

Jokowi Soroti Perdebatan IKN

Ibu Kota Nusantara

Jangan Ada Tender Main-main