Home / Ibu Kota Nusantara

Sabtu, 25 Juni 2022 - 01:59 WIB

Warga IKN Diberi Pelatihan

KLIK BALIKPAPAN – Otorita Ibu Kota Negara, akan menghelat pelbagai pelatihan untuk warga sekitar IKN. Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan masyarakat saat tahapan pembangunan ibu kota baru dilaksakanan.

Agenda pelatihan akan dihelat bersama pemerintah daerah dan kementerian/lembaga terkait, yang akan dimulai 4 Juli 2022. Pemerintah Pusat berjanji pembangunan IKN harus memberi manfaat optimal bagi masyarakat, termasuk dengan pelibatan masyarakat lokal di wilayah IKN.

Demikian diutarakan Ketua Bidang Koordinasi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Tim Transisi IKN Diani Sadiawati, dalam keterangan resminya, Jumat 24 Juni 2022.

“Pelatihan akan dilakukan dengan kerjasama pelbagai pihak, seperti Balai Latihan Kerja Samarinda, pihak Kecamatan Sepaku, Dinas Perindustrian, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujar Diani. Ia menyampaikan hal itu usai rapat penyusunan rencana aksi bidang koordinasi sosial dan pemberdayaan masyarakat, yang dihelat di Kantor Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Baca juga  Kepala Otorita Pimpin Upacara Perdana

Rapat itu dihadiri perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Ketanagakerjaan, Kementerian ATR/BPN, Universitas Mulawarman. Termasuk delegasi Universitas Balikpapan, BPN PPU,  Dinas Perindustrian dan Koperasi Kaltim, Kamar Dagang Indonesia Kaltim, serta Ikatan Wanita Pengusaha Kaltim.

Rencananya pelatihan angkatan pertama akan dilakukan BLK Samarinda dengan PT Propan.

Menurut Plt. Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Samarinda Amran, ada tujuh pelatihan yang segera dilaksanakan. Yakni, barista, operator ekskavator, operator dump truck, pembuatan roti dan kue, sablon, menjahit, serta pengecatan.

Baca juga  Kepala Otorita Dilantik Hari Ini

Pelatihan dihelat di Kecamatan Sepaku dengan kapasitas sebanyak 60 orang. Targetnya sebanyak 45 orang dari empat kelurahan dan 11 desa di Kecamatan Sepaku. Serta 15 orang dari wilayah Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku.

Badan Otorita IKN juga mengkoordinasikan pelatihan dan program lain seiring proses pembangunan.

Antara lain, Kementerian PUPR yang telah mempersiapkan rencana pembekalan dan uji sertifikasi tukang, untuk tukang plester tukang bangunan gedung, tukang pasang bata, kayu, besi beton. Termasuk tukang pasang rangka atap baja ringan, hingga pelatihan instruktur building information modeling.

“Mudah-mudahan proses persiapan berjalan lancar sehingga pembangunan IKN dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat,“ ujar Diani.

I Pewarta: Taufik I Redaktur: Jihana

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

Isran: IKN Harus Dimulai

Ibu Kota Nusantara

Perhatikan Ganti Rugi Lahan IKN

Ibu Kota Nusantara

IKN Saweran Tanda Tiada Uang

Ibu Kota Nusantara

Investor Hong Kong Lirik IKN

Ibu Kota Nusantara

Persiapan Pembangunan, IKN Ditutup

Ibu Kota Nusantara

Rencana Besar Bos IKN

Ibu Kota Nusantara

Kepala Otorita Resmi Dilantik

Ibu Kota Nusantara

Kebutuhan Hunian Melonjak