Home / Ibu Kota Nusantara

Rabu, 22 Juni 2022 - 19:32 WIB

2024 Mendagri Berkantor di IKN

KLIK BALIKPAPAN – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bakal berkantor ke Ibu Kota Negara, IKN di Kaltim mulai 1 Januari 2024. Rencana itu disampaikan Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro yang juga akan ikut pindah ke IKN.

“Tanggal 1 Januari 2024 InsyaAllah saya bersama Pak Mendagri Tito Karnavian akan pindah ke Kalimantan,” papar Suhajar dalam paripurna HUT DKI Jakarta ke-459, Rabu 22 Juni 2022.

Ia bilang proses pemindahan pemerintahan ke IKN dimulai bertahap. Proses itu akan dilakukan tidak lama lagi. Pemindahan IKN akan berdampak luas bagi DKI Jakarta.

Baca juga  WALHI: IKN Berpotensi Kekeringan

Menurutnya, DKI Jakarta lambat laun bukan lagi menjadi pusat pemerintahan dan birokrasi. Jakarta akan diproyeksikan menjadi pusat bisnis.

“Bukan saja nasional, melainkan regional, bahkan global. Dengan tanggalnya, statusnya sebagai Ibu Kota Negara secara perlahan status dan karakternya sebagai pusat birokrasi akan berkurang,” jelasnya.

Baca juga  Cari Cuan ke Pangeran

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menargetkan pemerintah mulai pindah ke IKN Nusantara pada Juli atau Agustus 2024.

Ia menegeaskan perpindahan ibu kota menjadi salah satu tugas penjabat kepala daerah. Karena itu, Ia meminta rencana tersebut tak bisa dibatalkan dan tak ada provokasi lebih lanjut.

Pemerintah memproyeksikan sebanyak 100.023 PNS atau ASN akan pindah ke IKN di Penajam Passer Utara, secara bertahap pada periode 2024-2029.

I Pewarta: Ryan I Redaktur: Muchlis

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

Kepala Otorita Tanpa Pilkada

Ibu Kota Nusantara

IKN Harus Sesuai Rencana

Ibu Kota Nusantara

Transaksi Pertanahan IKN Dibekukan

Ibu Kota Nusantara

Pelantikan Kepala Otorita Disegerakan

Ibu Kota Nusantara

IKN Belum Dongkrak Peningkatan Penduduk

Ibu Kota Nusantara

Proyek IKN Dimulai Juli

Ibu Kota Nusantara

IMM Balikpapan Dukung IKN

Ibu Kota Nusantara

LDI, Jaga Kearifan Budaya Lokal Kaltim