Home / Internasional

Minggu, 26 Maret 2023 - 17:30 WIB

10 Kampus Terfavorit di Jerman

Pemandangan Universitaet Bayreuth, Jerman. (www.bayreuther-tagblatt.de)

Pemandangan Universitaet Bayreuth, Jerman. (www.bayreuther-tagblatt.de)

Author/ Editor: Ahmad Mulyadi

Kualitas pendidikan di Jerman merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Jika melihat daftar perguruan tinggi terbaik menurut media terkemuka TIMES, jumlah perguruan tinggi asal Jerman yang masuk 500 terbaik di dunia merupakan yang terbanyak ketiga, hanya berada di belakang Amerika Serikat dan Inggris.

Sementara itu, sebuah lembaga internasional bernama StudyCheck, seperti dilaporkan media terkemuka asal Jerman Stern (25/03/2023), juga merilis daftar 10 perguruan tinggi terfavorit di Jerman. StudyCheck membuat ranking berdasarkan tingkat preferensi/favorit dan rekomendasi mahasiswa terhadap kampus-kampus yang berada di Jerman. Berikut adalah 10 perguruan tinggi terfavorit di Jerman dimulai dari peringkat kesepuluh hingga pertama.

10. Friedrich-Schiller-Universitaet Jena (Uni Jena)
Friedrich-Schiller-Universitaet Jena merupakan salah satu kampus berlokasi di Jena, sebuah kota budaya di Jerman di negara bagian atau Bundesland Thueringen. Kampus yang didirikan pada 1558 ini berada di peringkat 10 dengan poin 8,63. Kampus ini memiliki 17.604 mahasiswa, 380 professor dan 163 jurusan. Kampus ini memiliki sejumlah jurusan unggulan seperti ekonomi dan psikologi.

9. Ruprecht-Karls-Universitaet Heidelberg (Uni Heidelberg)
Ruprecht-Karls-Universitaet Heidelberg merupakan salah satu kampus tertua di dunia berlokasi di negara bagian Baden-Wuerttemberg. Di dirikan pada 1386, kampus ini saat ini memiliki 28.102 mahasiswa, 535 professor dan 169 jurusan. Menurut StudyCheck, Uni Heidelberg berada di peringkat sembilan dengan jumlah poin 8,63. Kampus ini memiliki sejumlah jurusan favorit, di antaranya yaitu ilmu olahraga, ilmu kedokteran dan ilmu politik.

8. Universitaet Bayreuth (Uni Bayreuth)
Uni Bayreuth merupakan kampus terhijau/ terasri di Jerman. Didirikan pada 1975 di negara bagian Bavaria, kampus ini selalu konsisten masuk peringkat dunia, bahkan untuk kategori penelitian, kampus ini menurut TIMES masuk kelompok 15% terbaik di dunia. Jurusan-jurusan andalan di kampus ini di antaranya yaitu ilmu hukum, ilmu ekonomi, kajian Afrika, ilmu geologi dan sejumlah ilmu alam dan teknik. Saat ini, di kampus ini terdapat 13.166 mahasiswa, 238 professor dan 142 jurusan. Tahun ini, StudyCheck menempatkan Uni Bayreuth di peringkat 8 dengan poin 8,66.

Baca juga  Frekuensi Bencana Naik 81 Persen

7. Universitaet Passau (Uni Passau)
Uni Passau merupakan salah satu kampus termuda di Jerman. Didirkan pada 1978 di negara bagian Bavaria, di kampus ini kini terdapat 12.627 mahasiswa yang berasal dari lebih 100 negara. Jurusan favorit di kampus ini di antaranya yaitu ilmu jurnalistik, ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan dan kebijakan publik. Pada tahun ini, StudyCheck menempatkan Uni Passau di peringkat ketujuh dengan poin 8,66.

6. Universitaet Konstanz (Uni Konstanz)
Uni Konstanz didirikan pada 1966 di negara bagian Baden Wuettemberg. Di kampus ini terdapat 10,964 mahasiswa, 108 jurusan dan 209 professor. Jurusan favorit di kampus ini di antaranya yaitu ilmu psikologi, ilmu sastra, ilmu seni, ilmu media dan ilmu sosiologi. Tahun ini, Uni Konstanz berada di posisi ke enam dengan poin 8,68.

5. Karsruher Institut fuer Technologie (KIT)
KIT merupakan perguruan tinggi berlokasi di negara bagian Baden-Wuettemberg, hasil peleburan dari Universitaet Karlsruhe dan Pusat Penelitian Karlsruhe. Kekuatan kampus ini terdapat pada jurusan fisika, teknik mesin dan arsitektur. Pada 2023 ini, StudyCheck menempatkan KIT pada peringkat kelima dengan jumlah poin 8,68.

Baca juga  Prancis – Jerman: Dari Lawan Jadi Kawan

4. Technische Universitaet Muenchen (TU Muenchen)
TU Muenchen merupakan salah satu kampus terbaik di dunia menurut majalah TIMES. Meski kekuatan utama kampus ini adalah jurusan-jurusan teknik dan ilmu alam, di kampus ini pun terdapat jurusan-jurusan non-teknik/ non ilmu alam, seperti ilmu ekonomi dan ilmu politik. Secara keseluruhan, di kampus ini terdapat 44.281 mahasiswa, 144 jurusan dengan jumlah professor sebanyak 612. Kampus yang berada di negara bagian Bavaria ini menurut versi StudyCheck berada di peringkat keempat terfavorit di Jerman, dengan jumlah poin sebanyak 8,76.

3. Technische Universitaet Chemnitz (TU Chemnitz)
TU Chemnitz merupakan perguruan tinggi yang didirikan pada 1836 di negara bagian Sachsen. Di kampus ini terdapat 9.751 mahasiswa, 102 jurusan dan 166 professor . Pada tahun ini, TU Chemnitz memperoleh poin 8,80 dan berada di posisi ketiga menurut versi StudyCheck.

2. Katholische Univesitaet Eichstaett-Ingolstadt (Uni Ingolstadt)
Uni Ingolstadt merupakan satu-satunya kampus swasta yang masuk peringkat 10 besar versi StudyCheck. Di kampus yang didirikan pada 1980 di negara bagian Bavaria ini terdapat 4.987 mahasiswa, 93 jurusan dan 122 professor. Jurusan-jurusan favorit di kampus ini di antaranya yaitu ilmu psikologi dan ilmu geografi. Pada tahun ini, StudyCheck menempatkan Uni Ingolstadt pada peringkat kedua dengan poin 9,03.

1. Universitaet Mannheim (Uni Mannheim)
Peringkat satu versi StudyCheck pada tahun ini diraih oleh Uni Mannheim dengan poin 9,12. Kampus yang didirikan pada 1907 di negara bagian Baden Wuerttemberg ini memiliki 11.303 mahasiswa, 72 jurusan dan 200 professor. Jurusan favorit di kampus ini di antaranya yaitu ilmu politik, ilmu ekonomi, ilmu psikologi dan ilmu informatika-ekonomi.

Share :

Baca Juga

Internasional

Türkiye and China: Two Great Powers Among Other Great Powers

Internasional

Tiongkok: 60 Ribu Orang Tewas Akibat Covid-19 sejak Desember

Internasional

Turkiye Inisiasi Perpanjangan Kesepakatan Istanbul

Internasional

Zionis Israel Serang Kamp Pengungsi

Internasional

Ribuan Warga Prancis Demonstrasi Tolak Keputusan Macron

Internasional

Cina Naikkan Anggaran Militer dan Diplomasi

Internasional

Prancis – Jerman: Dari Lawan Jadi Kawan