darimedia.id – Kemeriahan terlihat di Pantai Kilang Mandiri Balikpapan pada Sabtu, 3 Desember 2022. Puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengikuti Pesta Retail Borneo. Acara yang digagas SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) diisi pameran produk andalan pelaku UMKM di Balikpapan, serta berbagai hiburan. Mulai pertunjukan tari kesenian daerah, cosplay, serta hiburan rakyat.
Sejumlah penampil menghibur pengunjung, seperti kelompok musik Cakra Adanu, OM Monata, Irenne Ghea, Elsa Safira, dan Yeyen Vivia.
Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Borneo akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.
“Ini bukti konkret kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.
Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. Oleh karena itu, selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya.
“Pesta Retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” katanya.
Pesta Retail Borneo digelar dengan tujuan mempererat relasi antara mitra, pemilik toko, dan konsumen yang turut menghadirkan lebih dari 3.000 pengunjung, lebih dari 452 toko kelontong SRC dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.
Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Iwan Darmawan mengapresiasi kegiatan itu, “Dengan adanya Pesta Retail Borneo ini kami harap dapat meningkatkan perekonomian Kalimantan Timur,” katanya.
Pesta Retail Borneo di Pantai Kilang Mandiri Balikpapan, merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.
Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. “Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.
Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.
“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.
Ia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan. Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan. (Den)