Home / Ekonomi / Nasional

Jumat, 3 Juni 2022 - 21:18 WIB

Kawasan KRN Jadi Objek Vital Nasional

darimedia.id – Kawasan pabrik pengolahan minyak sawit mentah dan minyak inti sawit mentah yang dikelola PT Kutai Refinery Nusantara atau KRN di Kariangau, Balikpapan Barat,  ditetapkan sebagai objek vital nasional.

“Karena itu akan ada anggota kami yang hadir berjaga di sini. Untuk pertama 7 personel,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto, Kamis (2/6/2022).

Selanjutnya, jumlah personel polisi yang diperbantukan menjaga keamanan kawasan itu akan disesuaikan dengan keadaan.

“Bila diperlukan penebalan (penambahan jumlah personel), tentu akan dilakukan,” lanjut Kapolda Imam.

Baca juga  Nataru, Harga Logam Mulia Naik

Menurut Kapolda, saat ini situasinya sangat kondusif.

Mewakili KRN-Apical Group Manajer M Jaya Budiarsa menambahkan, bahwa penetapan sebagai obvitnas berdasar SK Menteri Perindustrian. Alasan utamanya karena di kawasan tersebut ada fasilitas pengolahan CPO terpadu.

Hal tersebut sesuai revisi Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 03 Tahun 2005 menjadi Nomor. 620 Tahun 2012 Tentang Objek Vital Nasional Sektor Industri.

Dalam peraturan tersebut, terdapat 14 jenis industri yang ditetapkan sebagai obvitnas, yaitu industri bahan baku peledak, dirgantara, garam, gula, kertas, logam, minyak goreng dan atau kelapa sawit, perkapalan, petrokimia, pupuk, semen, telekomunikasi, tepung terigu,  dan kawasan industri.

Baca juga  Visa Umrah Tak Perlu Rekomen Kemenag

Pabrik-pabrik dan berbagai fasilitas KRN di Kariangau berdiri di atas lahan seluas 134 hektare. Selain fasilitas produksi dan penyimpanan hasil pengolahan, juga ada fasilitas tempat tinggal berupa rumah susun.

Dengan bahan baku 10 ribu ton CPO per hari, di KRN dibuat terutama refined, bleached, deodorized (RBD) olein alias minyak goreng curah. Sebanyak 2.500 ton CPO dibuat menjadi biodiesel B30.

Ada juga pabrik yang mengolah CPKO sebanyak 1.500 ton per hari untuk menjadi bahan baku berbagai produk selanjutnya. (Sum)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Pesta Raya Retail Borneo

Ekonomi

Pertamina Pastikan Stok BBM Kaltim Aman

Ekonomi

Rupiah Masih Loyo

Nasional

New Car Technology May Take The Wheel out of Human Hands

Ekonomi

Harga Minyak Tergelincir

Ekonomi

Mendag Puji QRIS Bankaltimtara

Nasional

Harlah Pagar Nusa ke-38, Cak Tar: Titik Akhir Pendekar Jaga Aqidah Akhlak

Nasional

Laporkan Pegawai Kemenkeu Hidup Mewah