Home / Ibu Kota Nusantara

Kamis, 23 Juni 2022 - 02:14 WIB

Pembangunan IKN Diyakini Lancar

KLIK BALIKPAPAN – Pemerintah optimistis pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara akan IKN, bisa berjalan lancar dan sesuai tenggat waktu yang telah direncanakan.

Optimisme itu disampaikan Jokowi dengan mengacu pada pengalaman pemerintah membangun sejumlah infrastruktur yang memiliki banyak tantangan.

Ia mencotonhkan pembangunan Bandara di Kulon Progo yang besar bisa selesai selama kurun waktu 18 bulan, 1,5 tahun.

“Padahal tantangannya banyak. Interiornya sulit, ceiling-nya juga tinggi banget, itu bisa diselesaikan,” ujar Jokowi saat meninjau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu 22 Juni 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menambah optimisme itu dan meyakinkan bahwa pembangunan di KIPP bisa dimulai pada Agustus 2022.

Baca juga  Rekayasa Lalin IKN Diberlakukan

“Di sini Agustus kita sudah mulai, Pak. Siap,” tegas Menteri PUPR.

Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, dalam keterangan terpisah menyampaikan di titik peninjauan, nantinya akan dibangun Istana Kepresidenan.

“Di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan kami akan membangun land development sejumlah kawasan untuk pengembangan Istana, pengembangan kantor-kantor, dan sebagainya. Yang didukung air bersih, sanitasi, drainase, dan lain-lain,” papar Danis.

Ia turut menjelaskan kepada Jokowi jika saat ini pihaknya segera memulai membangun kawasan IKN secara bertahap, terutama untuk rentang tahun 2022-2024.

“Selanjutnya di luar kawasan IKN, kami akan memulai pembangunan jalan tol ke arah IKN. Itu pada intinya. Insyaallah mulai bulan Agustus pembangunan IKN akan dimulai,” paparnya.

Baca juga  2.132 Hunian ASN Disiapkan

Diberitakan sebelumnya, Jokowi berjanji akan serius dalam mengurus dan membenahi soal lingkungan di IKN. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Rabu, 22 Juni 2022.

Ia mengklaim pembangunan Persemaian Mentawir sebagai wujud keseriusan pemerintah menata lingkungan, utamanya di IKN.

“Kita mau menunjukkan, kita serius urusan lingkungan, itu serius. Justru kita enggak bangun di sini itu lingkungan makin rusak. Itu yang harus digarisbawahi,” ujar Jokowi  saat berdiskusi dengan para pemred, dikutip dari siaran pers Istana.

I Antara I Pewarta: Taufik I Redaktur: Jihana

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

2024 Mendagri Berkantor di IKN

Ibu Kota Nusantara

Bangunan IKN Berstandar Internasional

Ibu Kota Nusantara

IMM Balikpapan Dukung IKN

Ibu Kota Nusantara

Harta Calon Kepala Otorita

Ibu Kota Nusantara

2.132 Hunian ASN Disiapkan

Ibu Kota Nusantara

Pemilu di IKN Tunggu Regulasi

Ibu Kota Nusantara

Jokowi Perlu Libatkan IAI

Ibu Kota Nusantara

Proses Otorita IKN Dipercepat