Home / Ibu Kota Nusantara

Kamis, 3 Maret 2022 - 00:14 WIB

Maklumat Tokoh Adat Kalimantan

KLIK BALIKPAPAN – Sejumlah tokoh adat Kalimantan menggelar pertemuan di sebuah hotel di kawasan Jakarta. Pertemuan dihadiri perwakilan tokoh adat Kalimantan.

Antara lain, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional Martin Billa, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin, Sultan Paser Aji Muhammad Jarnawi, Sultan Banjar Haji Khairul Saleh Al Mu’thasim Billah, dan Dewan Adat Dayak Provinsi se- Pulau/Banua Kalimantan H. Agustiar Sabran.

Dalam pertemuan yang dihelat Senin malam 28 Februari 2022, dihasilkan Maklumat Rakyat Kalimantan ihwal pemindahan Ibu Kota Negara di Kaltim.  Ada lima poin Maklumat yang dihasilkan.

Baca juga  IKN Tumbuhkan Harapan Pengembang

Pertama, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Joko Widodo dan segenap pimpinan dan anggota DPR RI, atas pengesahan UU IKN pada 18 Januari 2022 di Pulau/Banua Kalimantan, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur, serta memastikan agar IKN terus berkesinambungan siapapun pemimpin Indonesia ke depan.

Para tokoh adat Kalimantan siap memberi dukungan dan terlibat penuh dan sungguh-sungguh, atas perwujudan dan pelaksanaan pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur, dengan konektivitas pembangunan kewilayahan antar provinsi yang ada di Pulau/Banua Kalimantan.

Baca juga  Isran: IKN Harus Dimulai

Ketiga, akan melibatkan segenap potensi putra-putri asli Pulau/Banua Kalimantan dalam menduduki jabatan-jabatan strategis di Badan Otorita IKN dengan memberikan afirmasi yang tertulis dengan jelas dalam peraturan turunan UU IKN.

Selanjutnya, memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal Pulau/Banua Kalimantan (membangun fasilitas dan simbol-simbol adat, adab, dan pusat budaya) dalam ruang lingkup utama di wilayah IKN.

Kelima, melibatkan segenap pemangku kelembagaan adat Pulau/Banua Kalimantan dalam merumuskan dan menyusun peraturan perundang-undangan sebagai turunan dari UU IKN.

I Pewarta: Siska I Redaktur: Jihana

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

Pemilu di IKN Tunggu Regulasi

Ibu Kota Nusantara

Mahasiswa Gugat UU IKN

Ibu Kota Nusantara

Pembangunan Konstruksi Mundur Sebulan

Ibu Kota Nusantara

Aturan Turunan IKN Rampung

Ibu Kota Nusantara

Polri Pastikan Pembangunan IKN Lancar

Ibu Kota Nusantara

Proyek Tol IKN Dilelang

Ibu Kota Nusantara

2024 Mendagri Berkantor di IKN

Ibu Kota Nusantara

Isran: IKN Harus Dimulai