Home / Pemilu

Senin, 26 Desember 2022 - 11:35 WIB

Partai Ummat Lolos Verifikasi Administrasi Ulang

Tangkapan layar saat Amien Rais resmi luncurkan logo Partai Ummat.

Tangkapan layar saat Amien Rais resmi luncurkan logo Partai Ummat.

Puerto Andika – darimedia.id

Partai Ummat, besutan Amien Rais, dinyatakan lolos verifikasi administrasi ulang sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara. Hal itu disampaikan Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik, Senin 26 Desember 2022.

Saat ini, Partai Ummat memasuki tahapan verifikasi faktual.

“Iya lolos verifikasi administrasi,” ujar Idham, kepada wartawan.

Ia menjelaskan prosesnya yakni dengan penarikan sampel keanggotaan parpol itu baru dapat dilakukan, apabila hasil verifikasi administrasi persyaratan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu dinyatakan memenuhi syarat.

Baca juga  Ultimate Winter Driving Tips

Verifikasi administrasi ulang Partai Ummat di NTT dan Sulut dilakukan pada 23-24 Desember 2022. Pada 25 Desember 2022, KPU melakukan penentuan sampel dalam verifikasi faktual.

“Kemarin sore, 25 Desember 2022 KPU RI telah melakukan penarikan sampel keanggotaan Partai Ummat,” ujarnya. Agenda itu dihadiri anggota DKPP RI dan Bawaslu RI di kantor KPU RI.

Idham berujar KPU Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Ummat. Verifikasi faktual akan dilakukan selama tiga hari.

Baca juga  Bakal Caleg Gelora Diisi dari Akademisi sampai Dokter

“Hari ini, 26-28 Desember 2022, KPU Kabupaten/Kota di dua provinsi itu (Provinsi NTT dan Sulut) mulai melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Ummat. Berdasarkan data keanggotaan tersampel yang diberikan KPU RI berdasarkan hasil penarikan sampel kemarin sore,” terangnya.

Awalnya, KPU sempat menyatakan Partai Ummat tidak lolos verifikasi faktual sebagai peserta Pemilu 2024. Partai Ummat menolak hasil itu dan mengajukan permohonan gugatan ke Bawaslu. Usai mediasi, KPU dan Partai Ummat sepakat melakukan verifikasi ulang.

Editor: Bekoer

Share :

Baca Juga

Pemilu

Kata Syukri Pemilu Jangan Terpolarisasi

Newsroom

How One Furniture Manufacturer Goes ‘Beyond Sustainability’

Pemilu

Ultimate Winter Driving Tips

Pemilu

Beredar Flyer Benturkan NasDem dengan Aparat

Pemilu

Gak Ada Lawan, Abdulloh Torehkan Sejarah Raih 51 Ribu Suara

Pemilu

PPP Kembalikan Tradisi Lama

Pemilu

Prabowo Rapat Anies-Ganjar Blusukan

Pemilu

Gelora Optimis Lolos Parliamentary Threshold