Home / Ibu Kota Nusantara

Kamis, 10 Maret 2022 - 16:47 WIB

Kepala Otorita Resmi Dilantik

KLIK BALIKPAPAN – Jokowi resmi melantik Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Kamis 10 Maret 2022 sore. Pemerintah mengangkat Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN, dan Dhony Raharjoe sebagai wakilnya.

Sebelum pengambilan sumpah, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti, membacakan Keputusan Presiden terkait pelantikan Bambang dan Dhony.

“Keppres 9 tahun 2022 tentang pengangkatan kepala dan wakil kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Presiden Republik Indonesia mengangkat saudara Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, dan saudara Dhony Raharjoe sebagai Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan, administrasi dan fasilitas lain sesuai peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Agenda pelantikan itu disiarkan langsung melalui tayangan di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai kepala dan wakil kepala Otorita IKN, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD NKRI, tahun 1945. Dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturan dengan setulus-tulusnya. Serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” demikian sumpah yang diucapkan keduanya.

Baca juga  Transaksi Pertanahan IKN Dibekukan

Bambang Susantono dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Di era SBY, ia didapuk sebagai Wakil Menteri Perhubungan tahun 2009, bertugas membantu Menteri Perhubungan dalam membenahi sektor transportasi di Indonesia.

Untuk mengurai masalah transportasi, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia periode 2004-2010 ini lebih menekankan pada sistem transportasi yang humanis.

Usai lulus dari Fakultas Teknik Sipil ITB tahun 1987, Bambang bekerja sebagai PNS di Departemen Pekerjaan Umum. Kemudian ia melanjutkan program pascasarjana di Universitas California, Berkeley untuk gelar master tata kota dan wilayah dan lulus pada tahun 1996.

Di tahun 1998, Bambang meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi di universitas yang sama. Pendidikan doktoralnya dia selesaikan pada tahun 2000 dengan meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur dari Universital California, Berkeley.

Baca juga  IKN Tumbuhkan Harapan Pengembang

Di kancah internasional, ia pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies dan hingga kini menjadi anggota Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan, yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Bambang juga pernah menjabat sebagai Komisaris utama PT Garuda Indonesia Tbk, tahun 2012.

Sedangkan wakil Bambang, Dhony Rahajoe tercatat sebagai Managing Director of President Office of Sinar Mas Land. Ia disebut pernah terlibat dalam proses perumusan pemindahan IKN.

Dhony menjadi perwakilan Sinarmas Land saat mendampingi perwakilan pemerintah dalam studi banding persiapan pembangunan IKN. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa pernah belajar tata kota di BSD City pada 7 Oktober 2021.

Ia juga tercatat sebagai anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung, sebuah yayasan milik Sinar Mas Land.

I Pewarta: Siska I Redaktur: Jihana

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

Badan Otorita Kaji Tawaran Rusia

Ibu Kota Nusantara

IKN Harus Sesuai Rencana

Ibu Kota Nusantara

Kepala Otorita Dilantik Hari Ini

Ibu Kota Nusantara

IKN Tumbuhkan Harapan Pengembang

Ibu Kota Nusantara

Konsep Desain IKN

Ibu Kota Nusantara

Warga IKN Diberi Pelatihan

Ibu Kota Nusantara

Finlandia Tertarik Investasi IKN

Ibu Kota Nusantara

Bangunan Karbon Rendah IKN