Home / Ibu Kota Nusantara

Senin, 22 Agustus 2022 - 03:00 WIB

Groundbreaking IKN Akhir Agustus

KLIK BALIKPAPAN – Jokowi dijadwalkan akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama di Ibu Kota Negara, pada akhir Agustus 2022.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menerangkan Jokowi berencana melakukan pembangunan awal Istana Kepresidenan di IKN, Kalimantan Timur. Agenda itu, menurut Heru, akan dilakukan di penghujung bulan ini.

“Ke IKN jadi sebelum Agustus selesai, ada ke IKN,” ujar Heru, belum lama ini.

Ia menjelaskan, selain groundbreaking pembangunan IKN, Jokowi juga dijadwalkan melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi untuk menggantikan Tjahjo Kumolo.

“Jadi ada dua agenda akhir Agustus, insya Allah groundbreaking Istana Negara dan pelantikan menteri,” ujarnya.

Baca juga  Finlandia Tertarik Investasi IKN

Meski telah memastikan bakal ada pelantikan MenPAN-RB, tapi Heru masih enggan membocorkan sosok yang akan dilantik. Ia mengatakan pelantikan RB itu tertunda karena Jokowi memiliki pelbagai macam kesibukan.

“Tapi yang jelas sudah ada (nama calon MenPAN-RB) di beliau. Ini ranah Mensesneg dan Pak Seskab. Doain ada waktu untuk beliau bisa melantik,” jelasnya.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo wafat pada Jumat, 1 Juli 2022 sekitar pukul 11.00 WIB. Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negata dan Reformasi Birokrasi Rini Widyantini menjelaskan Tjahjo sudah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo sejak 21 Juni 2022.

Baca juga  LDI, Jaga Kearifan Budaya Lokal Kaltim

Selama Tjahjo dirawat, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud Md ditunjuk Jokowi sebagai MenPAN-RB ad intern. Mahfud sebelumnya mengatakan sudah melakukan beberapa pekerjaan Tjahjo seperti memberi pengarahan pada Rakornas tentang pegawai non-ASN, tenaga honorer, dan outsourcing.

Trekait Proyek pembangunan IKN, proyek ini telah direstui DPR yang telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Jokowi juga telah menunjuk seniman I Nyoman Nuarta untuk mendesain kompleks Istana Kepresidenan.

Istana akan berbentuk burung garuda yang mengepakkan sayap di atas bukit.

I Pewarta: Ryan I Editor: Muchlis

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

Profil Dua Nahkoda IKN

Ibu Kota Nusantara

IKN Saweran Tanda Tiada Uang

Ibu Kota Nusantara

Perhatikan Ganti Rugi Lahan IKN

Ibu Kota Nusantara

Kaltim Nantikan Investasi Malaysia

Ibu Kota Nusantara

Jokowi Perlu Libatkan IAI

Ibu Kota Nusantara

WALHI: IKN Berpotensi Kekeringan

Ibu Kota Nusantara

Badan Otorita Kaji Tawaran Rusia

Ibu Kota Nusantara

IKN Harus Sesuai Rencana