Home / Internasional

Minggu, 5 Maret 2023 - 15:23 WIB

Cina Naikkan Anggaran Militer dan Diplomasi

Pemandangan Tembok Raksasa Cina di saat musim salju. (getty images)

Pemandangan Tembok Raksasa Cina di saat musim salju. (getty images)

Red: Ahmad Mulyadi

BEIJING, darimedia.ID – Pemerintah Cina akan meningkatkan anggaran militer mereka hingga 7,2% tahun ini. Demikian dikutip Sputnik dalam laporannya yang berbahasa Inggris (5.3.2023).

Dengan peningkatan ini, maka anggaran militer Cina akan berkisar 1,553.7 miliar yuan atau sekitar 244.8 miliar dollar AS. Menurut Sputnik, peningkatan ini telah diumumkan oleh para polisitisi Cina dalam Kongres Nasional Rakyat Cina (National People’s Congress) pada Minggu ini (5.3.2023).

Peningkatan ini menurut sejumlah pakar geostrategi bagian dari langkah Cina menghadapi perkembangan geopolitik yang juga didalanya melibatkan Cina, terutama terkait Taiwan yang berusaha melepaskan diri dari Cina dengan mengandalkan dukungan Barat. Seperti diketahui, Barat kini tengah berusaha mempertahankan hegemoni mereka dengan mendukung politisi-politisi yang pro-Barat, termasuk mereka yang berada di wilayah Pasifik, seperti Taiwan.

Baca juga  Turkiye Inisiasi Perpanjangan Kesepakatan Istanbul

Selain anggaran militer nasional, kongres itu pun mengumumkan akan meningkatkan anggaran mereka dalam bidang politik luar negeri atau diplomasi. Menurut dokumen yang diumumkan dalam kongres tersebut, anggaran politik luar negeri Cina akan ditingkatkan hingga 54.836 miliar yuan atau sekitar 7,9 miliar dollar AS pada tahun ini.

Baca juga  Türkiye and China: Two Great Powers Among Other Great Powers

Para politisi Cina dalam kongres tersebut menyebutkan bahwa Cina akan terus berpartisipasi aktif dalam perpolitikan internasional dengan penekanan pada penciptaan keamanan dan perdamaian bersama dan tetap berpegang teguh pada netralitas mereka dalam perpolitikan dunia.

Dengan posisi Cina sekarang sebagai kekuatan ekonomi nomor dua di dunia, Cina juga akan menekankan bidang kerja sama ekonomi dalam politik luar negeri mereka. Bidang ekonomi dan juga sosial disebutkan akan menjadi salah satu prioritas mereka dalam agenda diplomasi Cina 2023.

Share :

Baca Juga

Internasional

10 Kampus Terfavorit di Jerman

Internasional

Türkiye and China: Two Great Powers Among Other Great Powers

Internasional

Zionis Israel Serang Kamp Pengungsi

Internasional

Tiongkok: 60 Ribu Orang Tewas Akibat Covid-19 sejak Desember

Internasional

Prancis – Jerman: Dari Lawan Jadi Kawan

Internasional

Ribuan Warga Prancis Demonstrasi Tolak Keputusan Macron

Internasional

Turkiye Inisiasi Perpanjangan Kesepakatan Istanbul