Home / Ibu Kota Nusantara / Pemerintahan

Senin, 14 Maret 2022 - 00:50 WIB

Seluruh Gubernur Sambangi IKN

KLIK BALIKPAPAN – Hari ini, Senin 14 Maret 2022, Jokowi bersama seluruh gubernur se-Indonesia menyambangi Ibu Kota Negara, IKN. Jokowi dan gubernur telah tiba ke Kaltim melalui Bandara Internasional Sultan Adji Muhammad Sulaiman Balikpapan sejak kemarin.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menyatakan seluruh pejabat itu telah berada di Kaltim.

“Kami sampaikan hari ini di Balikpapan kami undang 34 gubernur dan 15 tokoh yang dipilih Gubernur Kaltim. Hari ini beliau-beliau sudah berada di sini dan berdiskusi dengan pak presiden,” ujar Heru dalam siaran video kanal Sekretariat Presiden, Minggu 13 Maret 2022.

Rencananya, Jokowi akan berkemah dan melakukan ritual Kendi Nusantara. Agenda ini akan dilakukan bersama seluruh gubernur se-Indonesia.

Heru bilang, acara dimulai pada Senin sejak pagi saat Jokowi dan rombongan bertolak ke IKN dari Balikpapan. Menurut Heru, para pejabat akan menggelar doa bersama terlebih dulu.

“Berangkat dari Balikpapan ke IKN pagi hari. Kegiatan dengan para gubernur akan melakukan prosesi kegiatan. Kita sebagai orang Timur memanjatkan doa dan menjunjung tinggi kearifan lokal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, “Pak Presiden ajak 34 provinsi kita harus bersama elemen masyarakat mensukseskan program IKN ini, sehingga semua masyarakat diminta mendukung.”

Selanjutnya, Jokowi akan mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama seluruh gubernur.

“Di hari Selasa, kami menginap di lokasi IKN bersama unsur masyarakat Ada beberapa tokoh yang diundang. Tak lupa pangdam, kapolda mendampingi beliau,” ujar Heru.

“Di hari kedua, Pak Presiden melihat lokasi. Untuk segera melakukan penghijauan dan penanaman pohon di beberapa titik lokasi.” Heru mengaku pihaknya tidak punya persiapan khusus. Mereka hanya menyediakan tenda sederhana untuk Jokowi.

“Intinya seperti itu, dan kesiapan menginap di IKN apa adanya. Bapak Presiden kami siapkan tenda sederhana. Tentu tak mengurangi keamanan beliau,” tutur Heru.

Gubernur Kaltim Isran Noor menyambut kedatangan rombongan Istana di Balikpapan, Minggu. (Biro Setpres)

Sejak Minggu 13 Maret 2022, rombongan Istana datang bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja menggunakan pesawat Kepresidenan. Begitu tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, Jokowi disambut Gubernur Kaltim Isran Noor beserta Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto.

“Selamat datang Pak Jokowi dan para Gubernur se Indonesia di Kaltim dan IKN Nusantara,” ujar Isran Noor, Minggu. Ia menyampaikan permohonan dukungan dan restu kepada para Gubernur se Indonesia agar pembangunan dan pemindahan ibu kota bisa lancar.

“Mohon dukungan dan doa restunya agar IKN Nusantara lancar,” tutur Isran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, Faisal mengatakan Jokowi akan melakukan kemping di IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kegiatan berkemah dilakukan mulai Senin di lokasi titik nol IKN.

Para Gubernur membawa seliter air dengan kemasan khas daerah dan tanah dua kilogram, yang diambil dari lokasi bersejarah adat budaya di wilayah masing-masing.

“Air dan tanah yang dibawa Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia digabungkan di satu titik di IKN Nusantara atau disebutnya seremoni Gentong Nusantara,” papar Faisal.

Gubernur Jambi Al Haris yang datang membawa air dan tanah menegaskan, tidak ada lagi perdebatan tentang IKN. Menurutnya sudah mantap di Kaltim, sudah tepat dan pantas menjadi IKN. Terlebih dengan tanah dan air yang dibawanya cukup luar biasa bernilai sejarah.

“Tanah yang kita bawa adalah dari Raja Jambi. Sejarahnya ada dua Angsa yang menunjuk tanah tersebut dan air dari candi Muara Jambi, lokasi tempat belajar orang China di Jambi dengan luas lokasi 4.000 hektare bertempat di asrama Budha di Jambi dengan nama Tanggo Rajo memiliki PH air 8,” ujarnya.

Baca juga  IKN Tumbuhkan Harapan Pengembang

Kedatangan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah juga menyampaikan dukungan terhadap IKN baru di Kaltim. “Mudahan lancar. Semua yang tinggal di ibu kota Negara semua masuk surga,” ujarnya mendukung. Zulkieflimansyah turut membawa air dan tanah dari daerahnya.

“Kami membawa tanah dari Tambora sejarah besar menggetarkan dunia dan air yang kami bawa dari Narmada akan membuat awet muda,” ujarnya.

Dukungan juga datang dari Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Kami membawa tanah dan air dari 27 kabupaten dan kota yang kami kumpulkan di Bandung. Ini menyimbolkan, tanah dan air dari Jawa Barat akan bersatu dalam tanah ibu kota Nusantara,” tegas Kang Emil, sapaan karib Ridwan Kamil.

Setibanya di Balikpapan, Jokowi dan rombongan menuju ke lokasi menginap di Hotel Novotel. Di sana, ia disambut Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dan istrinya Ibu Hj, Nurlena. Malam harinya, Jokowi memberi arahan kepada seluruh gubernur se-Indonesia. Dalam arahan itu, Jokowi mengingatkan situasi geopolitik global, kecermatan penggunaan APBD dan rencana pembangunan IKN.

KLIK Juga: Bangunan IKN Berstandar Internasional

Berikut agenda Jokowi dari kedatangan di Balikpapan sampai rencana kemah di Titik Nol, yang diterima KLIK Balikpapan:

– Minggu 13 Maret 2022 malam, Jokowi memberi arahan pada seluruh gubernur se-Indonesia.

– Senin tanggal 14 Maret 2022 pukul 07.30 Wita, Jokowi beserta rombongan menuju IKN menggunakan jalur darat. Dijadwalkan tiba pada pukul 10.30 Wita.

– Setibanya di IKN dihelat seremoni di Titik Nol, selanjutnya dilakukan penanaman pohon didampingi  Gubernur se-Indonesia.

– Gubernur se-Indonesia diimbau menggunakan pakaian dari daerah asal masing-masing dan tidak di perkenankan membawa ajudan.

– Pukul 12.00 Wita akan dilakukan ishoma di tenda VVIP, setelah itu Gubernur se-Indonesia kembali ke Balikpapan untuk kembali ke daerah masing-masing.

– Selasa 15 Maret, Jokowi kembali ke Jakarta pukul l 13.30 Wita dari Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.

Rangkaian agenda di Titik Nol IKN akan disiarkan langsung melalui kanal Sekretariat Presiden, pada pagi ini mulai pukul 09.45 WITA.

I Pewarta: Gopek I Redaktur: Muchlis

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

IKN Harus Sesuai Rencana

Ibu Kota Nusantara

Pelantikan Kepala Otorita Disegerakan

Ibu Kota Nusantara

UU IKN Digugat

Ibu Kota Nusantara

Kepala Otorita Resmi Dilantik

Ibu Kota Nusantara

Pembangunan Konstruksi Mundur Sebulan

Ibu Kota Nusantara

Ratusan Peserta Minati Proyek IKN

Ibu Kota Nusantara

Pemilu di IKN Tunggu Regulasi

Ibu Kota Nusantara

Badan Otorita Kaji Tawaran Rusia