Home / Ibu Kota Nusantara

Selasa, 13 September 2022 - 17:41 WIB

Pelni Siap Angkut Logistik IKN

KLIK BALIKPAPAN – Tiga kapal PT Pelayaran Indonesia aka Pelni, disiapkan untuk memberi dukungan mengangkut logistik untuk proses pembangunan Ibukota Negara, IKN. Kapal yang bisa mengangkut ribuan orang itu juga bisa digunakan untuk proses migrasi para pekerja proyek.

General Manager PT Pelni Cabang Balikpapan, Anwar Sanusi, sebagaimana dilaporkan Antara Senin 12 September 2022, menyampaikan pihaknya telah menyiapkan tiga kapal. “KM Labobar, KM Lambelu, dan KM Bukit Siguntang,” ujar Anwar.

Ia merinci kapasitas kapal itu. KM Labobar memiliki kapasitas 2.600 penumpang, KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang mampu mengangkut 2.000 penumpang.

Baca juga  Kepala Otorita Resmi Dilantik

Ketiga kapal ini singgah di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. KM Labobar, misalnya, sebelum ke Balikpapan berangkat dari Tanjung Perak, Surabaya. Kapal ini juga disiapkan untuk mengangkut logistik menggunakan kontainer atau peti kemas.

Sedangkan KM Lambelu dan Bukit Siguntang menyinggahi pelabuhan-pelabuhan di Nusa Tenggara seperti Maumere, Larantuka, baru menyeberang ke Baubau di Sulawesi Tenggara dan ke Balikpapan.

Selain itu Pelni juga sedang menyiapkan kapal jenir roll on-roll of atau ro-ro, kapal yang memiliki pintu besar di haluan atau di lambung sehingga kendaraan truk dan mobil jenis lainnya bisa masuk sendiri.

Baca juga  Badan Otorita Bahas Amdal

Menurut Sanusi, jika kapal ro-ro tidak sempat terealisasi tahun ini, maka pihaknya bisa menyiapkan selambat-lambatnya pada awal tahun 2023. Kapal ini melayani rute Surabaya-Balikpapan dan Surabaya–Banjarmasin.

Ia berujar, untuk melayani dan mendekati pelanggan dan pengguna jasa pelayaran, manajemen PT Pelni juga tengah bersiap-siap berkantor di Balikpapan sebagai kota penyangga IKN.

I Pewarta: Taufik I Redaktur: Janu

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

Badan Otorita Bahas Amdal

Ibu Kota Nusantara

UU IKN Digugat

Ibu Kota Nusantara

Aturan Turunan IKN Rampung

Ibu Kota Nusantara

IKN Tumbuhkan Harapan Pengembang

Ibu Kota Nusantara

Bangunan Karbon Rendah IKN

Ibu Kota Nusantara

Finlandia Tertarik Investasi IKN

Ibu Kota Nusantara

Ongkos Bangunan IKN Dinilai Mahal

Ibu Kota Nusantara

Belum Pindah IKN Ditolak