Home / Pemilu

Senin, 6 Maret 2023 - 13:00 WIB

PDIP Sudah Kantongi Capres

Bendera PDIP. (Net)

Bendera PDIP. (Net)

Faifai – darimedia.id

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengungkap, partainya telah mempersiapkan kandidat capres yang akan didorong dalam waktu dekat.

Namun, Hasto belum mau membuka siapa saja kandidat yang dimaksud.

“Nama kan sudah mengerucut. Jadi, sudah ada di kantong ibu Mega, tinggal momentumnya kapan, itu juga sudah pernah ditegaskan mbak Puan Maharani,” ujar Hasto, Senin 6 Maret 2023.

Terkait siapa yang dimaksud, sambung Hasto, telah dipersiapkan. Tapi ia tidak merinci siapa saja tokoh itu. Saat ditanyakan apakah yang dimaksud PDI-P tetap mendorong nama Ganjar Pranowo sebagai bakal capres, Hasto bilang, bahwa itu hak dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Terkait capres dan cawapres masih ada waktu melakukan penghitungan kalkulasi secara matang bagi ibu Megawati Soekarnoputri mengumumkan calon yang tepat. Dan itu kelanjutan dari kepemimpinan Bung Karno, ibu Mega dan pak Jokowi,” tuturnya.

Baca juga  Banjir Terjang Semarang

Terkait ada tidaknya tawaran koalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan lantaran posisi PDI-P yang belum menentukan capres, Hasto mengatakan PDI-P partai terbuka begitu pula dengan partai lain.

“Kita sering bertemu, berdialog dengan PPP apalagi kita kan tetangga tinggal ketuk pintu tetangga. Kita sudah bertemu, kemudian juga dengan Golkar, Gerindra, PAN dan PKB kita sering berdialog sehingga nggak ada masalah untuk bekerja sama,” ujarnya.

Ia menjelaskan, komunikasi politik dengan partai-partai terutama yang memiliki kesejarahan di dalam membangun republik ini terus intens dilaksanakan. Terkait pertemuan tersebut, selama itu demi kepentingan bangsa dan negara, konfigurasi partai politik di dalam kontestasi menghadapi pemilu tetap dibangun.

Baca juga  Gelora Minta Kiai Doakan Prabowo

“Jadi PDI Perjuangan juga sering mengadakan pertemuan. Ini hal yang positif. Silaturahim itu bagian dari budaya kita. Politik ini masih dinamis, sehingga masih akan terjadi konsolidasi dan kristalisasi terhadap tokoh-tokoh mana yang akan maju,” paparnya.

“Ini adalah tahapan-tahapannya, nanti kan semakin mengarah di Agustus, itu semakin mengerucut konfigurasi partai dan juga calon-calonnya,” ujar Hasto.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengisyaratkan untuk mengusung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir di Pilpres 2024. Ia menyampaikannya lewat pantun dalam acara rapat koordinasi nasional PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu.

“Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpang Lima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insya Allah Indonesia tambah jaya,” ujar Zulhas. (Repub)

Share :

Baca Juga

Pemilu

Data Silon Sulit Diakses

Pemilu

Beredar Flyer Benturkan NasDem dengan Aparat

Pemilu

Kata Syukri Pemilu Jangan Terpolarisasi

Pemilu

Partai Ummat Ikut Pemilu 2024

Pemilu

PPP Kembalikan Tradisi Lama

Pemilu

Partai Gelora Bawa Gagasan Besar

Pemilu

No Arms, No Legs, No Worries

Pemilu

NasDem Beri Kebebasan Anies