Home / Ibu Kota Nusantara

Kamis, 19 Mei 2022 - 21:27 WIB

Ormas Balikpapan Dukung IKN

KLIK BALIKPAPAN – Sejumlah organisasi masyarakat di Balikpapan mendukung penuh pembangunan ibu kota negara, IKN. Hal itu mengemuka dalam diskusi bersama Laskar Pemuda Adat Dayak Kaltim-Kaltara wilayah Balikpapan, Rabu 18 Mei 2022.

Sekretaris LPADKT-KU Balikpapan, Yuniar menilai adanya IKN di Kaltim diharapkan dapat memberi manfaat signifikan bagi masyarakat Kaltim. Misalnya tercipta peningkatan pengadaan lapangan kerja.

Pihaknya berharap pemerintah dapat mengakomodir masyarakat di sekitar wilayah IKN agar dilibatkan dalam proses pembangunan. “Kita berharap dibukanya lapangan kerja,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar kesiapan Balikpapan sebagai kota penyangga utama IKN perlu mendapat dukungan dan perhatian pemerintah setempat. Seperti soalan transportasi, lapangan kerja, keamanan, pendidikan, kebersihan, dan lainnya.

“Sebagai salah satu Ormas terbesar di Kaltim, LPADKT-KU mendukung langkah pemerintah dalam proses pembangunan IKN,” tegasnya.

Baca juga  Harta Calon Kepala Otorita

Gerakan Pemuda Marhaeinis Kaltim Khairudin mengingatkan soal isu sengketa lahan di wilayah IKN. Ia meminta agar hal itu juga perlu mendapat perhatian penuh. Masalah tersebut harus segera dimediasi agar tidak menimbulkan konflik antara pemerintah dan masyarakat.

Ia bilang perpindahan titik lahan IKN berpotensi menimbulkan masalah baru bagi perekonomian masyarakat kecil. “Misalnya UMKM Somel kayu yang diminta perwakilan pemerintah untuk pindah dari titik lahan IKN,” jelasnya.

Sedangkan Serdadu Adat Dayak, Muis menginginkan Pemerintah Pusat mendukung Putra Daerah sehingga dapat merawat kearifan Lokal.

Hal berbeda diutarakan Korlap Serdadu Regan Tatau Marselonus Ding. Ia menilai selama ini masih ada problem klaim lahan secara sepihak milik masyarakat yang dilakukan pemerintah daerah yang telah sekian lama dikelola masyarakat secara turun temurun.

Baca juga  Draft Tata Ruang IKN Dikaji

Ia mengungkap adanya fakta sejarah sejak zaman Presiden Soeharto, terkait kebijakan pemerintah masa lalu, yang memberi satu KK di daerah Titik Nol diberi 2ha lahan untuk dikelola.

“Pemerintah saat ini diharapkan dapat mengatasi masalah ini,” jelasnya. Langkah penuntasan perlu segera diselesaikan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Apalagi, lanjutnya, seluruh elemen Ormas di Kaltim mendukung langkah pemerintah dalam proses pembangunan IKN.

Untuk merealisasikan IKN, para Ormas di Kaltim juga berharap Badan Otorita IKN dapat mengakomodir keinginan mereka. Di antaranya, Badan Otorita segera Berkantor di Balikpapan dan membuat MOU dengan Ormas, OKP, serta lembaga lain di Kaltim.

I Pewarta: Taufik I Editor: Basir

Share :

Baca Juga

Ibu Kota Nusantara

Belum Pindah IKN Ditolak

Ibu Kota Nusantara

Groundbreaking IKN Akhir Agustus

Ibu Kota Nusantara

Warga IKN Diberi Pelatihan

Ibu Kota Nusantara

Profil Dua Nahkoda IKN

Ibu Kota Nusantara

Ongkos Bangunan IKN Dinilai Mahal

Ibu Kota Nusantara

BKPM: IKN Jalan Terus

Ibu Kota Nusantara

Investor Hong Kong Lirik IKN

Ibu Kota Nusantara

Kepala Otorita Tanpa Pilkada