Home / Ekonomi

Kamis, 29 Desember 2022 - 12:00 WIB

Konsumsi Masyarakat Kaltim Naik

Ilustrasi. (dok)

Ilustrasi. (dok)

Hidayat Taulan – darimedia.ID

Konsumsi masyarakat di Kaltim naik sebesar 5,15 persen (yoy) pada kuartal III/2022. Demikian disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Ricky P Gozali.

Ia berujar pertumbuhan konsumsi rumah tangga di Kaltim naik, dibanding kuartal sebelumnya yang tumbuh 2,17 persen akibat meningkatnya mobilitas masyarakat.

Peningkatan itu, katanya, juga tercermin dari akselerasi pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (IPR) pada triwulan III/2022.

“Utamanya bersumber dari kelompok kendaraan yang tumbuh sebesar 140,3 persen (yoy),” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu 28 Desember 2022.

Baca juga  Rumah Terbakar Ludes, Al Quran Utuh

Ricky menyampaikan, konsumsi makanan minuman dan tembakau tumbuh 20,7 persen (yoy), disusul pertumbuhan bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 15,4 persen (yoy), dan peralatan informasi dan komunikasi yang tumbuh 7,5 persen (yoy).

Penjualan peralatan elektronik pun mengalami peningkatan sepanjang 2022. Branch Manager Modena Balikpapan Dedie Heryanto menyebut untuk penjualan di Kaltim naik 10 persen untuk tahun ini.

“Tahun sebelumnya dapat tumbuh hingga 40 persen,” paparnya. Perusahaan yang berasal dari Italia ini cukup adaptif meramaikan usaha di Kaltim di tengah persaingannya dengan produk dari Jepang.

Baca juga  Tujuh Negara Tertarik Investasi di Kaltim

Menurutnya, Modena memiliki target pasar tersendiri untuk tiap produk yang mereka jual, seperti lini cooking untuk masyarakat menengah ke atas dan lini cooling untuk pelaku UMKM.

Kenyataannya produk cooling Modena seperti, Chest Freezer MD 0106 W dan Showcase Cooler SC 1345 menjadi pilihan penjual frozen food, daging, ikan di mal dan sejumlah franchise atau pelaku usaha..

Menurutnya produk cooking terus menyasar wilayah Balikpapan karena konsumen lebih terbuka dan aware mengenai desain kitchen yang modern.

Editor: Widy

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Nataru, Harga Logam Mulia Naik

Ekonomi

Pesta Raya Retail Borneo

Ekonomi

Rekomendasi Balitbangda Kaltim untuk Ekonomi Kreatif

Ekonomi

Jokowi Siapkan Strategi Kegelapan Ekonomi

Ekonomi

Pertamina Pastikan Stok BBM Kaltim Aman

Ekonomi

Pelajar di Kaltim Raih Beasiswa GrabSholar

Ekonomi

Ekonomi Kaltim Bisa Tumbuh 5 Persen

Ekonomi

Tujuh Negara Tertarik Investasi di Kaltim