Home / Pangan

Sabtu, 7 Januari 2023 - 07:00 WIB

Kemendag Stabilkan Harga Pangan 2023

Pangan. (GI)

Pangan. (GI)

Andi Akbar – darimedia.id

Cuaca ekstrem dinilai mempengaruhi ketersediaan stok pangan sehingga harga pangan ikut mengalami peningkatan. Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Kasan menyampaikan sejumlah strategi yang telah dilakukan pemerintah untuk menjaga stabilitas harga pangan.

“Strategi ini upaya kita secara kolaborasi ada yang sifatnya jangka pendek, menengah sampai jangka panjang,” ujar Kasan, Jumat 6 Januari 2023.

Ia merinci, strategi jangka pendek dengan melakukan operasi pasar secara berkala dengan kementerian lembaga serta pelaku usaha. Lalu membangun komunikasi dengan daerah untuk memastikan pasokan dan harga pangan.

“Kemudian memantau secara harian 20 pasar induk utama sebagai alat kontrol Kemendag akan kondisi ketersediaan dan harga pangan,” jelasnya. Langkah itu menjadi alat kontrol yang dilakukan.

Baca juga  7 Wisata Terbaik di Balikpapan

Terkait sinyal bagaimana pasokan apakah normal berkurang atau seperti apa, hal itu akan menjadi dilakukan kroscek sesuai harga normal. “Nah itu yang juga dilakukan dalam jangka pendek,” jelasnya.

Untuk strategi jangka panjang yang dilakukan pemerintah dengan memiliki stok pangan dan gudang penyediaan stok pangan selain beras.

Kasan mengatakan, bahan pangan seperti cabai dan bawang pun bisa distok. Jika terjadi musim/cuaca ekstrem dan hal yang tidak terduga seperti bencana ketersediaan pangan itu tidak akan terpengaruh.

Baca juga  BRIN Kembangkan Teknologi Berbasis Bakteri

“Jadi dalam jangka panjang kita ingin juga ada stok tapi juga memikirkan pelan-pelan merubah pola konsumsi dari produk yang sebenarnya bisa kita jadikan stok. Misalnya bawang atau cabai. Kan cabai kering juga bisa dikonsumsi itu bisa dijadikan stok dan harganya itu bisa stabil,” ujarnya.

Kasan memaparkan jika terjadi kenaikan harga yang tinggi, Kemendag akan melakukan subsidi harga dan subsidi transportasi kepada para petani.

“Lalu subsidi harga tahun ini kita akan lihat kewenangannya sudah balik ke Badan Pangan Nasional. Apakah akan ada subsidi harga termasuk untuk operasi pasar penyaluran beras misalnya,” jelasnya.

Editor: Faifai

Share :

Baca Juga

Pangan

Harga Beras Menggila

Pangan

Ada Bansos Pangan Jelang Ramadhan

Pangan

Jokowi Izinkan Impor Daging Sapi

Pangan

Kata Mentan Maret Panen Raya

Pangan

Tempat Kuliner Balikpapan Terbaru 2023

Pangan

Badan Pangan Dorong Serapan Beras Bulog

Pangan

Petani Muda Kaltim Butuh Dukungan

Pangan

BRIN Kembangkan Teknologi Berbasis Bakteri