Home / Pangan

Sabtu, 25 Februari 2023 - 12:05 WIB

Kata Mentan Maret Panen Raya

Anto Beni – darimedia.id

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, panen raya akan berlangsung sepanjang Februari-Maret.

Mentan SYL bilang, jumlahnya diperkirakan ada sekitar satu juta hektar sawah yang akan panen pada periode ini.

Mentan SYL menyampaikan hal itu usai rapat terbatas (ratas) jelang Ramadhan bersama Jokowi, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 24 Feberuari 2023.

“Kementerian Pertanian akan ada panen raya sekitar 1 juta hektar pada Februari masuk Maret ini sehingga peak dari panen raya akan terjadi di sekitar ini,” kata Syahrul.

Baca juga  Gempa Afghan Tewaskan Ribuan

Menurutnya, para menteri diminta untuk saling dukung memastikan ketersediaan stok pangan jelang Ramadhan bisa mencukupi.

“Secara khusus beliau (presiden) sangat detail berapa panen kita terhadap padi untuk kesiapan beras pada Januari, Februari sampai Maret,” tuturnya.

Syahrul juga mengungkapkan saat ini diperlukan perbaikan logistik agar distribusi berbagai komoditas bisa berjalan. Ia pun mengaku telah bekerja sama dengan pemerintah daerah, para gubernur, dan bupati/wali kota.

“Oleh karena itu tentu ketersediaan ini tidak hanya berjalan sendiri. Harus diikuti dengan distribusi dan sebagainya sehingga normalisasi dari harga beras itu bisa dicapai,” tuturnya.

Baca juga  Menpora Ajukan Pengunduran Diri

Selain harga beras, Jokowi juga menyoroti 12 komoditas yang ada, mulai dari jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur, dan gula. Khususnya ketersediaan 12 komoditas ini menjelang Ramadhan.

Untuk itu, Syahrul mengaku akan bekerja sama dengan berbagai sektor untuk memastikan ketersediaan dan distribusi 12 komoditas ini.

“Kerja sama dengan private sector atau para pengusaha juga harus dilakukan dan tadi badan pangan nasional, bulog, dan lain-lain adalah bagian untuk bermitra dengan pengusaha yang ada,” tegasnya.

Share :

Baca Juga

Pangan

Tempat Kuliner Balikpapan Terbaru 2023

Pangan

Ada Bansos Pangan Jelang Ramadhan

Pangan

Bulog Samarinda Gelar Pasar Murah

Pangan

Waspadai Dampak Kekeringan

Pangan

Badan Pangan Dorong Serapan Beras Bulog

Pangan

Petani Muda Kaltim Butuh Dukungan

Pangan

Konsumsi Pangan Indonesia Meningkat

Pangan

Harga Beras Menggila