Home / Regional

Rabu, 15 Maret 2023 - 17:08 WIB

Isran Hadiri Pameran Produk Negeri

Gubernur Kaltim Isran Noor. (Humas)

Gubernur Kaltim Isran Noor. (Humas)

Faifai Prabowo – darimedia.id

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menghadiri Business Matching Produk Dalam Negeri Tahap V. Agenda itu dihelat di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu 15 Maret 2023.

Event nasional ajang pameran produk dalam negeri digagas Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Acara ini Jokowi, dan dihadiri seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pimpinan lembaga dan perwakilan negara-negara sahabat, para gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia.

Ajang belanja produk dalam negeri dirangkai penyerahan penghargaan P3DN Tahun 2023 oleh Presiden Jokowi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Business Matching Produk Dalam Negeri yang diikuti 4.000 peserta digelar selama tiga hari, Rabu-Jum’at, 15-17 Maret 2023.

Agenda ini sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, serta Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi.

“Semuanya kita dorong untuk penggunaan produk dalam negeri,” kata Gubernur Isran Noor usai mengikuti pembukaan business matching bertema Produk Dalam Negeri Berdaya Saing Untuk Kemandirian Bangsa.

Baca juga  Pemuda Kaltim Harus Tingkatkan Kapasitas

Transaksi katalog untuk Pemerintah Provinsi Kaltim sekarang diakuinya, sudah mencapai lebih Rp2,6 triliun, dari total belanja penyedianya sekitar Rp5 triliun lebih.

“Berarti sudah 50 persen lebih bahwa pembelanjaan kita katalog,” sebutnya.

Khusus barang habis pakai semua sudah menggunakan produk dalam negeri, kecuali produk kesehatan berteknologi tinggi juga komputer.

“Ya seperti kata Bapak Presiden tadi, hanya peralatan kesehatan canggih yang belum bisa kita produksi, juga perangkat komputer, tapi nilainya tidak besar,” ungkapnya.

Untuk tahun 2023, lanjutnya, saat penyusunan anggaran BPKAD telah menyusun estimasi atau komitmen pelaksanaan PDN ini sekitar 80 persen dari total belanja Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Target 95 persen ini kan baru muncul hari ini, kalau tahun lalu hanya sekitar 50 persen,” tambahnya, didampingi Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Kaltim Buyung Dodi Gunawan.

Sebelumnya, Jokowi dalam arahannya menegaskan pentingnya belanja produk dalam negeri untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi bangsa.

Baca juga  Polda Kaltim Susuri Kota Balikpapan

“Hati-hati menggunakan anggaran APBN, jangan sampai pajak yang dikumpulkan dari rakyat dengan sangat sulit, tidak mudah, sehingga terkumpul pendapatan negara, tapi dibelikan produk impor, produk buatan luar negeri,” ungkapnya.

Ke depan, tegasnya, dituntut kedisiplinan merealisasikan dan kedisiplinan mengimplementasikan penggunaan produk dalam negeri.

Produk dalam negeri saat ini ujarnya, sebanyak 3,4 juta produk dari 50 ribu pada tahun lalu, hanya menggunakan aplikasi katalog.

“Katalog kita, kalau sudah masuk produk-produk dalam negeri kita, jangan dibiarkan, jangan diplototi saja, jangan ditonton tapi dibeli,” tegasnya.

Target 95 persen dari pagu anggaran barang dan jasa kementerian lembaga, pemerintah daerah provinsi, kabupaten, kota, dan BUMN-BUMD harus dibelanjakan untuk produk-produk dalam negeri.

“Semoga target business matching hari ini senilai Rp250 triliun bisa terwujud, bahkan lebih itu lebih baik,” ujarnya.

Untuk penerima penghargaan P3DN 2023 kategori kementerian/lembaga diterima Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kategori pemerintah provinsi oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, kategori kabupaten/kota oleh Wali Kota Bekasi dan kategori BUMN oleh Semen Indonesia.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. (Adpimprov)

Share :

Baca Juga

Crimestory

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Regional

Kaltim Kekurangan Polisi Hutan

Regional

Delapan Hotspot Terdeteksi di Kaltim

Regional

Kaltim Beri Penghargaan 23 Tokoh

Regional

Jokowi Akui Isran Bela Honorer

Regional

Peserta Muktamar Pemuda Muhammadiyah Banjiri Balikpapan

Regional

Pemuda Kaltim Harus Tingkatkan Kapasitas

Regional

Tiga Isu Besar di Balikpapan