Home / Ekonomi / Samarinda

Jumat, 16 September 2022 - 20:09 WIB

Gekrafs Corner Dorong Sektor Ekonomi Kreatif

Badan Penelitian dan Pengambangan Daerah Kaltim menghadiri acara Gekrafs Corner di City Centrum, Samarinda, Jumat (16/9/2022).

Kegiatan digelar Dewan Pimpinan Wilayah Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) Kalimantan Timur. Gefkrafs sendiri adalah gerakan masyarakat dan para pelaku ekonomi kreatif yang memiliki visi bersama. Yakni belajar, bersinergi, berdaya guna menjadikan ekonomi kreatif sebagai masa depan Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Balitbangda Fitriansyah turut hadir dalam acara itu. Sekaligus menjadi narasumber.

Ketua Gekrafs Kaltim, Aji Mirza Hakim menyampaikan kegiatan Gekrafs Corner adalah bagian dalam upaya mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Kaltim.

Baca juga  Bapenda Optimistis Capai Target PAD

“Diharapkan dengan event ini akan menambah pengetahuan dan pengalaman pelaku ekonomi kreatif bahkan calon pelaku ekonomi kreatif seperti pelajar dan mahasiswa,” ujar Icha, sapaan akrab mantan bassis Jikustik ini.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal, mewakili Gubernur Kaltim sekaligus membuka acara.

“Atas nama Pemprov Kaltim, event Gekrafs Corners yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah Gekrafs Kaltim ini sangat penting dan bermanfaat bagi para pelaku UMKM pada ekonomi kreatif termasuk bagi para penggiat seni dan budaya,” katanya, membacakan sambutan.

Baca juga  Nataru, Harga Logam Mulia Naik

Dalam kesempatan ini, Fitriansyah yang hadir sebagai narasumber menyampaikan riset yang dilakukan Balitbangda pada 2018 lalu. Riset tersebut membahas tentang industri kreatif di Kaltim.

“Pelaku ekonomi kreatif di kaltim paling banyak di kota Balikpapan dan Samarinda. Dimana pelaku ekonomi kreatif terbanyak yakni pada subsektor kuliner, fesyen dan kriya,” beber Fitriansyah. (adv)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

PPATK Kirim Data Pencucian Uang

Ekonomi

Pelajar di Kaltim Raih Beasiswa GrabSholar

Ekonomi

Bapenda Optimistis Capai Target PAD

Ekonomi

Harga Minyak Tergelincir

Ekonomi

Jokowi Siapkan Strategi Kegelapan Ekonomi

Ekonomi

SKK Migas Dorong Optimalisasi Penggunaan Gas

Ekonomi

Nataru, Harga Logam Mulia Naik

Ekonomi

Kawasan KRN Jadi Objek Vital Nasional