Home / Bencana

Rabu, 22 Maret 2023 - 07:48 WIB

2023, Bencana Tewaskan Ratusan Orang

Bencana banjir. (BNPB)

Bencana banjir. (BNPB)

Faifai Prabowo – darimedia.id

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, Indonesia kembali dilanda bencana alam yang cukup besar pada awal tahun 2023.

Banjir dan tanah longsor yang terjadi di pelbagai daerah di Indonesia sejak awal Januari 2023 sampai 21 Maret 202e, telah menyebabkan lebih dari 100 korban jiwa dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Menurut data terbaru dari BNPB, Senin 22 Maret 2023, tercatat 39 orang meninggal dunia dan 25 orang hilang akibat bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur sejak awal Maret 2023. Selain itu, lebih dari 9.000 orang terdampak dan mengungsi.

Adapaun di Provinsi Jawa Tengah, banjir dan tanah longsor yang terjadi sejak akhir pekan lalu telah menewaskan 73 orang dan 6 orang hilang. BNPB mencatat bahwa sebanyak 31.438 orang mengungsi dan sekitar 24.464 rumah rusak akibat bencana tersebut.

Baca juga  Syukri Wahid Dikukuhkan Jadi Dewan Pembina Pusdiklat 1 Pagar Nusa

BNPB bersama dengan pihak terkait terus melakukan upaya penanganan bencana alam di kedua provinsi tersebut. Pihak BNPB juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti arahan pihak berwenang dalam menghadapi ancaman bencana alam.

Bencana alam di Indonesia memang menjadi masalah yang sering terjadi. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan penghijauan, penataan tata ruang yang baik, dan menyediakan jalur evakuasi yang memadai.

Dalam situasi seperti ini, bantuan dari masyarakat dan pihak lain sangat dibutuhkan untuk membantu para korban bencana alam. Masyarakat bisa membantu dengan memberikan donasi kepada lembaga-lembaga yang terpercaya dan bergerak di bidang penanggulangan bencana alam.

Selain itu, pihak pemerintah juga perlu meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam. Peningkatan infrastruktur seperti pembangunan tanggul, saluran air yang baik, dan sistem peringatan dini yang akurat perlu diprioritaskan. Selain itu, meningkatkan kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana alam juga perlu dilakukan dengan memberikan edukasi dan pelatihan yang tepat.

Baca juga  Umrah Backpaker Dilaporkan Kemenag

Bencana alam yang terjadi di Indonesia tidak hanya berdampak pada kehilangan nyawa dan kerusakan infrastruktur, namun juga berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, upaya penanggulangan bencana alam yang efektif dan tepat waktu perlu dilakukan.

Di samping itu, media massa dan masyarakat juga perlu memberikan perhatian dan dukungan pada para korban bencana alam. Dengan memberikan perhatian dan dukungan yang tepat, diharapkan dapat mengurangi rasa trauma dan kecemasan pada para korban bencana alam.

Bencana alam memang tidak bisa dihindari, namun upaya pencegahan dan penanganan yang tepat dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan. Semoga dengan adanya dukungan dari seluruh pihak, para korban bencana alam di Indonesia dapat segera pulih dan bangkit dari keterpurukan. (AI)

Share :

Baca Juga

Bencana

Tiga Bulan Terjadi 564 Bencana

Bencana

Gunung Merapi Meletus

Bencana

BMKG: Gempa Turki Bisa Terjadi di Indonesia

Bencana

Indonesia Rawan Bencana

Bencana

Hari Ini Gempa Guncang Lampung

Bencana

Longsor di Gowa Telan Tiga Nyawa

Bencana

Delapan Desa Direndam Banjir

Bencana

Frekuensi Bencana Naik 81 Persen